Senin, 12 Maret 2012

Konsep Administrasi


(Menelaah Konsep Dasar Administrasi Pendidikan)
Dewasa ini munculnya manajemen seolah-olah menggeser administrasi terutama sekitar tahun 2000-an hampir-hampir pengertian administrasi dan penggunaannya terabaikan.
Jurusan-jurusan di perguruan tinggi manajemen justru menjadi trend dan banyak pilihan bagi mahasiswa,  demikianpun diberbagai perkantoran yang muncul adalah manajemen, manajer dan jarang siapa administratornya dan lain sebagainya, meskipun faktanya ada. Berikut ini juga akan dipaparkan sekelumit tentang administrasi dan berbagai pengertiannya sehingga diharapkan dapat membedakan atau menyamakan antara administrasi dan manajemen.

A.    Pengertian Administrasi
Secara etimologi (asal katanya) dari bahasa latin, terdiri dari kata “ad” + ministrare yang berarti melayani, membantu dan memenuhi, terbentuk menjadi kata benda “administration” dan kata sifat administrativus  yang masuk ke dalam bahasa inggris administration, lalu masuk ke dalam bahasa Indonesia menjadi administrasi.
Dalam bahasa Belanda Administratie, namun dalam bahasa Belanda bersifat terbatas dan hanya menyangkut sebahagian kecil dari kata administrasi yang sebenarnya, yakni hanya ketatausahaan yang diartikan sebagai kegiatan penyusunan secara sistematis dan pencatatan secara tertulis  semua keterangan yang diperlukan dengan maksud memperoleh ikhtisar mengenai keterangan-keterangan itu dalam keseluruhan dan dalam hubungan satu dengan yang lain, yang biasanya diperlukan bagi pemimpin. Dalam pengertian tersebut administrasi hanya diartikan sebagai kegiatan catat mencatat, tulis menulis, mengirim dan menyimpan keterangan.
Secara epistimologi dan secara Istilah, maka administrasi memiliki makna sebagai berikut :
1.    Sondang P. Siagian,  administrasi adalah keseluruhan proses pelaksanaan daripada keputusan yang telah diambil dan pelaksanaan itu biasanya dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya (Administrasi Pembangunan, Gunung Agung, Jakarta 1974, h.2)
2.    Administrasi adalah suatu aktivitas atau proses yang terutama bersangkutan dengan cara untuk menyelenggarakan tujuan yang telah ditentukan administrasi adalah; proses yang lazim terdapat dalam segenap usaha bersama, baik usaha pemerintah, atau swasta, sipil atau militer baik yang berskala kecil maupun besar.
3.    Administrasi adalah pengorganisasian dan bimbingan orang-orang agar melaksanakan suatu tujuan khusus
4.    Administrasi adalah pengorganisasian dan bimbingan orang-orang agar melaksanakan suatu tujuan khusus (Staf Dosen BPA-UGM, Buku Petunjuk Administrasi Fakultas pada Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, 1970, h.1).
5.    Administrasi adalah segenap proses penyelenggaraan dalam setiap usaha kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
6.    J. Wayong dalam bukunya Fungsi Administrasi Negara, mengemukakan administrasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menegndalikan suatu usaha (pemerintah) agar tujuan tercapai
Beberapa pengertian tersebut tampak bahwa kegiatan administrasi kegiatannya tidak terbatas pada ketatausahaan, akan tetapi meliputi keseluruhan  kegiatan atau rangkaian kegiatan pengendalian usaha kerjasama manusia untuk mewujudkan suatu tujuan bersama.
Definisi tersebut perumusanya berbeda-beda, dan ternyata dalam perbedaan itu ada unsur yang sama, persamaan itu antara lain :
1.    Administrasi merupakan kegiatan manusia atau sebagai gejala social, karena berlangsung dalam interaksi antar sejumlah manusia
2.    administrasi merupakan proses berupa kegiatan-kegiatan atau rangkaian kegiatan/perbuatan atau kejadian-kejadian yang kompleks.
3.    Rangkaian kegiatan  itu berupa kerjasama sekelompok manusia atau sejumlah personal (dua orang atau lebih).
4.    Kerjasama itu bermaksud untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan melalui pembagian tugas /pekerjaan tidak sebagai pengkotakan kerja akan tetapi sebagai satu kesatuan kerja, yang semuanya terarah pada pencapaian tujuan.

Dari pengertian dan unsur administrasi tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa administrasi adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan sebagai proses pengendalian usaha kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan sebelumnya (Hadari nawawi, 1997, PT. Toko Gunung Agung, h. 7).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar